Reaksi berantai

 Suatu ketika ada seorang pengusaha kaya yang sedang bersiap berangkat kerja. 

Saat sedang menuju mobilnya, seekor anjing liar  tiba-tiba keluar dari kolong mobil dan menggigit kaki pengusaha tersebut.  

Pengusaha itu sangat kesal dan melempari anjing itu dengan batu namun meleset.  Anjing itu dengan cepat kabur dari tempat kejadian.

Masih marah dengan kejadian tadi, suasana hati pengusaha itu menjadi buruk dan dia bawa ke kantornya.  

Saat rapat kantor, dia melampiaskan amarahnya pada para manajer yang hadir yang membuat mereka juga kesal.  

Usai rapat, para manajer melampiaskan kemarahannya pada karyawan yang bekerja di bawah mereka.  

Aksi berantai tersebut berlanjut ke tingkat karyawan yang lebih rendah hingga akhirnya mencapai petugas pemeliharaan alias petugas cleaning service.

Karena tidak ada orang lagi di bawahnya untuk melampiaskan amarahnya, pria itu pulang ke rumahnya dengan suasana hati yang buruk.  

Ketika istrinya membuka pintu dan bertanya mengapa dia terlambat, dia langsung membentak istrinya dan menyuruhnya untuk tidak menanyakan pertanyaan bodoh seperti itu lain kali.

Kesal kena marah, sang istri mendatangi putranya yang sedang menonton TV dan mengomelinya karena tidak mau belajar dan hanya bermalas-malasan, dia lalu mematikan televisi.

Anak laki-laki itu kesal dengan ibunya sehingga ia memutuskan keluar rumah untuk menenangkan diri.  

Saat berada di luar, dia melihat seekor anjing liar yang lewat sambil memandanginya.  

Karena kesal dan marah, dia mengambil batu dan melempar anjing itu kena kakinya.

Sambil menggonggong kesakitan, si anjing kemudian melarikan diri terpincang-pincang. Anjing tersebut ternyata adalah anjing yang menggigit pengusaha beberapa jam sebelumnya.


Demikian cerita pendek Reaksi Berantai, semoga dapat diambil hikmahnya.

Pesan moral : Selalu berhati-hati dan bijak dalam bertindak, karena setiap tindakan ada konsekuensi dan tanggung jawab yang secara langsung maupun tidak langsung akan kembali pada diri kita.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Reaksi berantai

 Suatu ketika ada seorang pengusaha kaya yang sedang bersiap berangkat kerja.  Saat sedang menuju mobilnya, seekor anjing liar  tiba-tiba ke...